Headlines News :
JL.Kh.Ahmad Dahlan Sulawesi Tenggara
Head Office:0401-3190381
Raha - 085241846335

Arti Lambang Kabupaten Muna



1.Perisai melambangkan bahwa Pemerintah Daerah adalah berkewajiban mengayomi masyarakat.

2.Warna dasar kuning adalah warna yang telah ditetapkan dalam Lambang Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa kuning adalah Kabupaten Muna.

3.Pinggir Perisai (perisai) warna hitam adalah melambangkan keteguhan orang Muna yang dilandasi keyakinan yang tinggi.

4.Pinggir Perisai (perisai) warna putih melambangkan kesucian hati terhadap dasar negara pancasila dan UUD 1945.

5.Perisai warna biru melambangkan bahwa Kabupaten Muna adalah daerah kabupaten yang banyak menghasilkan hasil-hasil laut.

6.Bintang berwarna kuning adalah salah satu sila pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa melambangkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT, ketinggian cita-cita orang Muna.

7.Tulisan Kabupaten Muna warna kuning emas adalah suatu kehormatan terhadap Negeri/Daerah Kabupaten Muna, dimana nilai-nilai budaya Kabupaten Muna tetap terpatri dalam hati orang Muna, tak akan padam sepanjang masa.

8.Bunga kapas dan padi yang terikat kuat oleh seutas tali dan berhiaskan pita putih dengan tulisan “WITE BARAKATI” warna merah :
Bunga kapas 17 buah melambangkan 17 Agustus.
Butir padi 45 butir melambangkan tahun kemerdekaan 1945.
Bunga + kapas melambangkan sandang-pangan atau kesejahteraan sosial.
Wite Barakati, suatu sumbangan keseluruhan yang digali dari nilai sejarah terbentuknya daratan Pulau Muna.
Yaitu asal mula terjadinya Pulau Muna dari pecahan kabut yang disebut filiyin yang telah pijar, merupakan suatu batu NUQTHAH adalah titik bah yang penuh berkah dari takdir allah SWT masyarakat Kabupaten Muna menyebutnya Kabarakatino Witeno Wuna.

Warnah merah melambangkan seluruh masyarakat Muna memiliki semangat hidup.

9.Lingkaran tali berjumlah 60 lilitan melambangkan :
Tali persatuan yang bersifat kekeluargaan dalam lingkaran masyarakat Muna.
Tali persatuan dalam masyarakat Muna yang berwawasan kebangsaan nasional.
60 lilitan melambangkan tahun 1960 terbentuknya Kabupaten Muna.

10.Pohon jati, melambangkan hasil utama Kabupaten Muna yang sangat terkenal di dunia internasional. Jati merupakan identitas Kabupaten Muna, baik nasional maupun regional, serta merupakan jaminan secara ekonomi dan politik ketika pembentukan.

11.Kontukowuna merupakan suatu keajaiban alam, dimana bunga karang tersebut tumbuh didaratan pegunungan. Bagi orang Muna kontukowuna merupakan suatu batu bunga yang mendapat mujizat dari Allah SWT, dan hanya terdapat di pulau Muna (dekat dengan perahu Sawerigadi di kontukowuna).

12.Benteng melambangkan kerajaan di Muna pada masa lalu yang memiliki nilai kejuangan kepahlawanan dan heroisme dengan mendirikan benteng-benteng pertahanan.
Benteng Ereke di Kulisusu
Benteng Wadulao di Wasolangka
Benteng Tiweoro di Kambara
Benteng Kota Muna di Kota Muna
Lasiapanu di Tewehu
Waobu di Marobea, serta benteng-benteng lainnya

13.Warna hijau, biru muda dan coklat melambangkan hasil hutan tambang, mineral dan seluruh kandungan yang ada didalamnya.

14.Bahutara Bahtera adalah suatu symbol realisme bagi ekspedisi Sawerigadi (Sawerigadi) yang terdapat di daratan Muna, Sawerigadi (Sawerigading) dapat dilihat di atas sebuah batu besar menyerupai perahu tak jauh dari Kota Muna. Ekspedisi sawerigading merupakan cikal bakal lahirnya comuniting orang Muna.

Comments
0 Komentar dengan akun facebook